Jumat, 18 Januari 2019


Implementasi Sistem Informasi Manajement


Pada PT. GO-JEK


PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi di era globalisasi memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat. Internet menjadi salah satu bukti dari perkembangan teknologi dimana seluruh khalayak sudah pasti menggunakan media internet. Internet bagi khalayak juga dijadikan sebagai alat untuk menjual atau memasarkan produk atau jasa yang dimiliki karena internet praktis, efisien dan efektif sehingga menjadi pilihan kegiatan jual beli di dunia maya serta promosi produk dan jasa.
Dalam perkembangan internet diperlukan suatu Manajemen informasi yang merupakan pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan.
Kemajuan teknologi saat ini semakin mempermudah untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber untuk berbagai kepentingan. Terutama dalam berbagai pengambilan keputusan dalam perusahaan itulah sebabnya dirasa penting untuk mengelola suatu informasi secara terintegrasi pada setiap perusahaan.
Teknologi informasi saat ini semakin banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan yang ingin agar uasahanya untuk dapat dikenal di seluruh dunia tanpa harus melakukan ekspansi ke negara lain, dan yang pasti investasi yang dibutuhkan untuk ekspansi itu sendiri juga sangatlah mahal, maka dari itu perusahaan cukup dengan melakukan promosi melalui internet maka perusahaan tersebut dapat langsung dikenal luas.
Penggunaan traksaksi pembayaran yang dilakukan dapat juga melalui internet yang kemudian konsep ini dikenal dengan e-commerce. Dengan e-commerce maka rumitnya birokrasi administrasi dan pembayran dapat dihapus. Konsep e-commerce itu sendiri menjadikan kegiatan bertransaksi dapat berjalan dengan mudah dan cepat serta yang terpenting adalah menumbuhkan kepercayaan pembeli untuk dapat bertransaksi dengan jaminan keamanan jaringan internet yang betul-betul aman.

PEMBAHASAN
Pengertian SIM
Sistem Informasi Manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan SDM, dokumen, teknologi dan prosedur oleh akuntasi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan atau suatu strategis bisnis. Sistem Informasi Manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.
Tujuan dari Sistem Informasi Manajemen yaitu :
  • Menyediakan informasi yang digunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang digunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Secara sederhana dapat dikatakan bahwa sebuah sistem informasi melakukan pemrosesan data dan kemudian mengubahnya menjadi informasi. Menurut O’Brien (2010) Sistem Informasi Manajemen merupakan kombinasi yang teratur antara people, hardware, software, communication network dan data resource, kelima unsur ini disebut komponen sistem informasi yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi.

Terdapat 3 peran utama sistem informasi dalam bisnis yaitu :
  • Mendukung proses bisnis dan operasional
  • Mendukung pengambilan keputusan
  • Mendukung strategi untuk keunggulan kompetitif.

Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam Bisnis
Sistem informasi memiliki 3 peran utama dalam suatu bisnis, yaitu :
  • Mendukung Operasi Bisnis
  • Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial
  • Mendukung keunggulan Strategis
Beberapa sistem informasi dapat diklasifikasikan sebagai sistem informasi manajemen, sementara yang lainnya menjalankan berbagai macam fungsi yaitu :
  1. Peranan Proses Bisnis dan Operasional
Peranan sistem informasi untuk operasi bisnis adalah untuk memproses transaksi bisnis, mengontrol proses industrial, dan mendukung komunikasi serta produktivitas kantor secara efisien.
  • Transaction Processing System (TPS)
TPS berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing system)
  • Process Control System (PCS)
Sistem informasi manajemen secara rutin membuat keputusan yang mengendalikan proses managerial seperti pengendalian produksi
  • Office Automation System (OAS)
OAS mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mengirim data informasi dalam bentuk komunikasi elektronik.
  1. Peranan Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi Manajemen menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen.
  1. Peranan Persaingan Keuntungan Strategis
Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses dalam waktu yang lama jika perusahaan itu sukses membangun strategi untuk melawan kekuatan yang berupa ancaman dari perusahaan baru, ancaman dari produk baru maupun persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama.


Profile Perusahaan GO-JEK
PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada
tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area Jabodetabek saja.

Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial. Di situs resminya disebutkan Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket,
medicine, anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first).

Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang bisa diunduh melalui Play Store
maupun App store. Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua layanan. Hingga bulan Juni 2015, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak 400 ribu kali di Google Play pada sistem operasi Android.

Visi:
Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Indonesia Kedepannya.

Misi:
1. Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.
2. Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan.
3. Membuka Lapangan Kerja Selebar-lebarnya bagi masyarakat Indonesia.
4. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.
5. Menjaga Hubungan baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan usaha ojek online.

Dengan Visi dan Misi tersebut, Go-Jek berharap dapat ikut menstabilkan
perekonomian di Indonesia kedepannya juga dapat membantu mewujudkan negara
indonesia yang lebih bermartabat.


IMPLEMENTASI SIM PADA PT GOJEK
GO-JEK merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.[2][3] Saat ini, GO-JEK telah tersedia di 50 kota di Indonesia.[1] Hingga bulan Juni 2016, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android.[4] Saat ini juga ada untuk iOS, di App Store. Layanan Go Jek juga memenuhi kebutuhan setiap hari, Saat ini Go-jek sedang Terus melakukan Ekspansi ke Negara - Negara di Asia Tenggara, dan kini sudah ada di Thailand dan Vietnam kabarnya Gojek akan merilis di Singapura dan Flipina selanjutnya.
Sistem pemesanan pada Gojek melalui aplikasi online yang sudah tersedia Playstore maupun Apple Store. Untuk pembayaran, Gojek memiliki 2 cara yaitu cash atau cashless yang disebut dengan go-pay dan dapat digunakan untuk membayar semua jenis layanan pada Gojek. Dalam memberikan layanan, Gojek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :

1.Teknologi End User
  • Aplikasi Smartphone Android
  • Aplikasi Smartphone IOS
2.Teknologi Database
  • Cloud Computing
  • Smartphone Storage
3.API (application programming interface)
  • Google Maps
  • Google Place
·       Transjakarta API
·       Apotikantar API
4.       Payment
·       GO-Pay (Online Credit)
5.       Customer Service
·       Social Media
·       Website
·       Call Center


Strategi Informasi Manajement Pada GO-JEK
GO-JEK menerapkan strategi sistem informasi marketing melalui tiga tahapan yang disebut customer life cycle. 
1. Acquire, yaitu mendapatkan pelanggan menggunakan teknik direct marketing yaitu dengan melakukan promosi secara langsung di social media. 
2. Enhance, yaitu menambah pelanggan menggunakan teknik cross sell and up sell yaitu bekerja sama dengan para mitra perusahaan yang mau menggunakan layanan GO-JEK sehingga hal tersebut dapat menambah jumlah pelanggan baru. 
3. Retain, yaitu mempertahankan pelanggan atau loyal customer menggunakan teknik customer support di mana perusahaan menanggapi setiap keluhan dan keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menciptakan loyal customer.

Sistem Informasi pada Bisnis yang Berjalan GO-JEK menggunakan sistem berikut dalam menjalankan perusahaannya :
1. Transaction processing systems
2. Process Control Systems
3. Enterprise Collaboration System

Dalam pengambilan keputusan, GO-JEK menggunakan sistem berikut :
1. Management Information Systems
2. Decision Support Systems
3. Executive Information Systems

Fitur yang Terdapat dalam Menu Utama Layanan GO-JEK

1.       Input Data Calon penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian GOJEK akan mengkalkulasi pembayaran. Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran (cash atau memakai Credit GO-JEK).
2.       Driver On The Way Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari driver GO-JEK terdekat dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPS mengenai keberadaan driver GOJEK yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lama estimasi yang dibutuhkan driver GO-JEK sampai dilokasi calon penumpang.
3.       SMS & Call Ketika driver GO-JEK belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah disediakan oleh GOJEK Apps.
4.       Driver Review Untuk fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yang dilakukan oleh driver GO-JEK, karena dari rating inilah driver GOJEK akan mendapatkan bonus bulanan.
5.       My Wallet Fitur ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash. Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, GO-JEK memberikan kode voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer uang melalui Bank yang sudah ditentukan.


CRM pada GO-JEK CRM pada perusahaan GOJEK antara lain meliputi kegiatan sebagai berikut :

1.       Contact and Account Management
Manajemen kontak dan akun pada GO-JEK Indonesia menggunakan sistem database, website, email, facebook, instagram, twitter dan nomor telepon yang sudah tertera di website. Selain itu akun konsumen juga disimpan dalam database yang nantinya akan mempermudah pihak manajemen perusahaan dalam memberikan informasi terbaru yang biasanya diperbarui ke email para konsumen.
2.       Sales
Untuk melakukan pemesanan jasa GO-JEK dilakukan melalui aplikasi yang terhubung melalui internet. Pelanggan memesandengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone android ataupun ios.
3.       Marketing and fulfillment Pemasaran dan pemenuhan pemesanan jasa dapat dilakukan melalui aplikasi. Selain itu perusahaan juga melakukan promosi di media massa (koran, majalah) maupun elektronik (website, social media, telepon, email,) serta melalui jaringan kemitraan perusahaan.
4.       Customer Service and Support Layanan dan dukungan untuk pelanggan saat ini baru disediakan call center saja. Seharusnya disediakan juga forum untuk diskusi antara konsumen dengan pihak manajemen perusahaan melalui website.
5.       Retention and Loyalty Program Program retensi dan loyalitas yang diterapkan oleh GOJEK adalah dengan memberikan frequent flyer yang berisi mengenai informasiinformasi terkini tentang perusahaan kepada para konsumen yang senantiasa loyal menggunakan jasa perusahaan.


Penerapan CRM pada PT GO-JEK Indonesia Penerapan CRM pada PT GO-JEK adalah bagaimana mereka menggunakan aplikasi dan website untuk meningkatkan pendapatan perusahaan melalui penjualan jasa layanan, memberikan layanan prima, sekaligus memperkenalkan tata cara transaksi yang telah dibuat perusahaan. Innformasi yang dimuat dalam aplikasi maupun website dimulai dari penyediaan informasi perusahaan, produk, forum diskusi antara pelanggan dengan pihak manajemen sampai pada proses pemesanan. Selain itu, untuk mendukung CRM, GO-JEK memberikan frequent-flyer dalam dua bahasa yang berisi tentang informasi-informasi terkini perusahaan kepada pelanggan yang loyal melalui e-mail.


Penerapan SCM pada GO-JEK Indonesia Supply Chain Management yang dilakukan GO-JEK adalah sebuah konsep manajemen di mana perusahaan berusaha memanfaatkan teknologi internet untuk mengintegrasikan seluruh mitra kerja perusahaan, baik para driver (pekerja),
konsumen, dan juga para stakeholder yang berhubungan dalam kegiatan transaksi.  Dari sisi sistem akuntansi, GO-JEK memberi fasilitas order processing yaitu fasilitas yang memungkinkan untuk konsumen melakukan pemesanan jasa, kemudian data yang telah diperoleh dari form yang tertera akan menentukan jumlah pembayaran.   Jumlah pembayaran akan masuk ke dalam fasilitas billing yang kemudian akan dibukukan menjadi general ledger. Bukti dari pembayaran yang telah dilakukan oleh konsumen akan tertera pada cash receipt yang kemudian akan terakumulasikan pada general ledger.  Pemesanan yang dilakukan oleh konsumen terhadap mitra dari GOJEK akan masuk ke dalam sistem cash disbursementaccount payable tergantung kepada jenis pembagian untung yang telah disepakati oleh pihak GO JEK dan mitra yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang telah masuk ke dalam perjanjian kedua belah pihak akan termasuk ke dalam sistem general ledger GO-JEK.


Analisa Sistem Informasi pada Bisnis PT GO-JEK Indonesia :
1.       Transaction processing systems Sistem pembayaran GO-JEK masuk ke dalam Transaction Processing System, di mana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di GO-JEK. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan GO-JEK kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan GOJEK. Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.
2.       Process Control Systems Semua proses pemesanan merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process Control System.
3.       Enterprise Collaboration System Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, GO-JEK menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan konsumen sendiri, GO-JEK memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta nomor ponsel konsumen, sehingga konsumen dan driver dapat berkomunikasi secara langsung.


Analisa Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan pada PT GOJEK Indonesia
1.       Management Information Systems Laporan data, monitoring layanan dan customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada GO-JEK yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus. Contohnya statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.
2.       Decision Support Systems Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer GO-JEK sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.
3.       Executive Information Systems Dalam EIS, eksekutif GO-JEK memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.



KESIMPULAN

Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan dan menunjang strategi kompetetif perusahaan.
Penerapan e-commerce pada PT.Gojek Indonesia telah terintegrasi dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari struktur aplikasi perusahaan yang memberikan kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antar proses dan interface dari aplikasi e-commerce, yaitu bagaimana konsumen memesan, proses pelayanan sampai dengan seleseinya jasa layanan.
Namun, masih ada beberapa kelemahan, yaitu :
1.       Kurangnya sistem untuk mendeteksi kecurangan. Dalam bisnis GO-JEK, tidak jarang adanya kecurangan. Salah satu yang rawan terjadi adalah adanya penumpang fiktif di mana driver GO-JEK berpura-berpura memesan layanan sekaligus berperan sebagai pengojek yang menerima order tersebut. Selain itu, penumpang juga dapat terus membuat email yang baru dengan nomor yang baru untuk didaftarkan agar mendapat promo.
2.       Belum adanya forum resmi di dalam aplikasi yang dapat memudahkan konsumen untuk memberikan keluhan akan pelayanan GOJEK.

SUMBER: 
http://elyonmichael.blogspot.com/2017/04/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar