Rabu, 10 Juli 2019

Cara Membuat Constructive Solid Geometry pada objek lipstik di Blender

Cara Membuat Constructive Solid Geometry lipstik di Blender



 Constructive Solid Geometry (CSG) adalah suatu teknik yang digunakan dalam solid modeling serta sering kali namun tidak selalu, digunakan dalam komputer grafis 3D dan CAD. CSG memungkinkan modeler untuk membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.

Benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitif  yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari unionintersection, dan difference. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.

Boolean Intersection (Persinggungan) - Kedua Objek Berbeda
Intersection adalah objek yang dihasilkan dari objek yang mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak akan terbentuk. 
Cara membuat Intersection pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 1.1) kemudian seleksi objek Silinder, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Intersect -> Object: kubus (objek yang berpotongan dengan silinder) -> Apply -> Seleksi objek Bola -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Intersection objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder dan kubus. (lihat Gambar 1.2).
Gambar 1.1
Gambar 1.2



Boolean Difference (Pengurangan) - Kedua Objek Berbeda
Difference adalah objek yang dihasilkan dari pengurangan objek A oleh objek B yang saling berpotongan.
Cara membuat Difference pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 1.1) kemudian seleksi objek Silinder, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Difference -> Object: Kubus (objek yang berpotongan dengan silinder) -> Apply -> Seleksi objek Kubus -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Difference objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder dan Bola. (lihat Gambar 1.3).

Gambar 1.3

Selanjutnya kita buat sebuah tabung untuk kita jadikan sebagai tutup lipstik tersebut

Klik Create => Clylinder

Gambar 1.4

Pilih face untuk seleksi bagian depan tabung


Gambar 1.6

Membuat ruang pada tabung, klik A => S=> X Untuk mebuat lubang pada tabung


Gambar 1.6

Pilih solidify untuk memberikan efek volume pada tabung, hasil di tampilakan pada (Gambar 1.8)



Gambar 1.7


Gambar 1.8

Memberikan wana pada tabung pada gambar 1.9 - gambar 1.10


Gambar 1.9


Gambar 1.10



Selanjutnya setelah di render hasilnya seperti ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar