Untuk membuat efek timbul pada sofa :
1. Klik objek sofa jd edit mode.
2. Trs ctrl+r utk atur garis2 texture sofa.
3. Klik vertex select
4. untuk kasih teksture sofa yg benjol2annya, klik e utk memaju mundurkan vertex
5. Trs ke sisi sebelah kanan, klik tools modifiers
6. Klik add modifier
7. Klik subdivision surface
8. Setelah smooth, klik ctrl+T supaya si sudut2 sofa lebih kebentuk dan keliatan lipetannya. Jgn lupa ctrl+R (look up) juga supaya lebih rapi
Untuk membuat kaki sofa :
1. Add circle
2. Tekan T, utk atur vertices
3. Klik E utk naikin ke atas lingkarannya
4. Klik E lagi dikit, trs scale jd lbh kcl, naikin ke atas, trs klik E sampe membentuk corong yg pas utk kaki. Jgn lupa sisi atas dan bawah di turup
Misal kita mau memberikan tekstur warna coklat pada sebuah sofa. Maka kita harus cari gambar yang mempunyai teksture seperti yang kita ingin kan.
Langkah langkahnya adalah sebagai berikut cari gambar teksture. (Misal Sofa coklat) setelah itu kita aktifkan dulu di menu bar sebelah kanan di bagian Display, beri tanda centang pada Textured Solid (Apabila menu belum muncul tekan “n” pada keyboard)
Setelah itu kita beralih ke menu material, klik tanda “+” kemudian klik new, Setelah itu kita pindah ke menu texture, klik new, dan pilih ubah type dari Clouds menjadi “Image or Movie” kita geser kebawah dan temukan menu image dan klik Open (untuk memilih gambar yang telah kita siapkan tadi.) Setelah kita pilih kita klik accept.
Gambar Tambah Material
Tambah texture
Ubah Type texture
Pilih Texture
Untuk melihat Hasilnya apakah tekstur sudah bisa di gunakan, kits lihat kembali di material, apabila bola sudah terlihat terdapat sebuah tekstur maka sudah dapat di aplikasikan.
Gambar
Sekarang kita beralih pada object kita ubah dari object mode menjadi edit mode seperti tutorial sebelumnya cukup kita tekan tombol “Tab” kemudian Ubah Mesh Select Mode menjadi Face dengan tekan “Ctrl+Tab” Kemudian Pilih face,
Kita coba select Salah satu face. oh ya sebelumnya kita jadikan jendela view menjadi 2 jendela. Caranya Klik kiri pada pojok kanan atas jendela kemudian drag/ seret ke kiri.
Dan ubah Editor Style salah satu Jendela menjadi "UV/Image Editor"
Kemudaian letakan kursor di jendela sebelah kiri tekan "u" pilih Unwraping,,
Ke menu material lagi kemudian pilih material yang sudah kita beri texture lalu pilih Asign.
maka hasinya akan :
Ulangi pada beberapa face yang di inginkan,,
contoh semuany kita kasih tekstur yang sama tinggal kita ulangi saja kayak tadi
Untuk
Hasil akhirnya seperti ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar