Tutorial Membuat Ruang Belajar di 3D Blender
1. Buka aplikasi blender seperti biasa.
Setelah masuk ke aplikasi , maka tampilannya akan seperti ini.
Pada pertemuan kali ini kita akan membuat OBJEK kursi dan meja. Bentuk awal untuk membuatnya yaitu berbentuk kubus.
Dari kubus itu kita akan bentuk menjadi bentuk meja.
Pertama-tama , kita bentuk kubus tersebut menjadi bentuk atas/permukaan mejanya. Yaitu dengan menggunakan shortcut tombol
S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan berdasarkan sumbu X
S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdassarkan sumbu Y
Tahap selanjutnya yaitu membuat kaki
meja sebagai penyangganya. Pertama masuk ke edit mode , pilih di menu pada
bagian bawa, lalu klik edit mode.
Setelah masuk ke edit mode, kita akan membuat bagian-bagian dari permukaan meja tadi. caranya dengan menggunakan shortcut CTRL + R . Kemudian atur bagian-bagian yang yang akan dibagi.
*untuk mengatur banyaknya bagian , gunakan sroll keatas dan bawah pada mouse
Klik crtl+ R dan klik kiri pada mouse jika sudah sesuai
Kemudian membuat bagian di sisi sebaliknya ,dengan cara yang sama.maka jadilah seperti gambar berikut:
Setelah bagian-bagian sudah terbentuk , kita tag bagian- bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja.
Pertama kita ubah viewnya pada bagian bawah permukaan meja, caranya dengan mengklik tombol scroll pada mouse dan menahannya lalu menggerakknya.
Setelah itu pada bagian bawah program , pilih face select . Face select ini digunakan untuk menyeleksi atau mentag bagian-bagian permukaan.
Kemudian tag bagian bagian yang akan dijadikan kaku meja,
dalam hal ini saya menggunakan ujung-ujung permukaan. untuk melakukan tag
gunakan tombol shift+ klik kanan.
Terakhir , tekan tombol E untuk memanjangkan bagian-bagian
tadi, arahkan mouse kebawah dan aturlah panjang kaki meja yang kita inginkan.
Jika sudah sesuai , klik kanan pada mouse. Maka jadilah seperti ini
Untuk melihat objek meja yang sudah kita buat , ubah mode menjadi object mode.
Selanjutnya adalah pembuatan object bangku/kursi. Pertama , kita buat objek baru dengan cara masuk ke object , pilih craeate di menu samping kiri program , lalu pilih cube untuk membuat objek kubus.
Setelah kubus dibuat , kita bentuk bagian permukaan bangku
persegi dengan mengatur lebar, pipih, tebal menggunakan shotrcurt yang ditas
sudah dijelaskan. Sehingga berbentuk seperti ini.
Setelah itu kita bagi objek tersebut menjadi beberapa bagian
dengan masuk ke edit mode, lalu tekan CTRL + R. Maka jadilah
seperti berikut
Berikutnya kita tag bagian-bagian yang akan ditonjolkan untuk
dijadikan kaki dan sandaran kursi dengan menggunaka face select. Jika sudah
ditandai , tekan tombol E untuk menonjolkan bagian dan klik kanan pada mouse
jika sudah sesuai. Maka jadilahkursi yang kita inginkan.
Untuk menambah jumlah kursi dengan bentuk yang sama , cukup duplikat obek tersebut. Dengan cara masuk ke objek mode , lalu pada menu tools di samping kana program pilih duplicate.
Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah.
Gunakan tombol R untuk merotasi bangku.
Maka jadilah objek meja dan kursi
Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah.
Gunakan tombol R untuk merotasi bangku.
Maka jadilah objek meja dan kursi
Selanjutnya membuat lampu meja belajar:
object mesh berupa kubus. Object tersebut kita hapus
terlebih dahulu dengan klik kanan pada object, kemudian tekan delete. Masukkan
sebuah mesh cone dengan cara add à
mesh à cone.
Kemudian kita seleksi vertex pada bagian kepala cone saja. Caranya
dengan menekan B pada keyboard, kemudian drag vertex yang ingin diseleksi.
Pastikan tidak ada vertex yang tersisa pada bagian yang seharusnya diseleksi.
Untuk mengubah posisi sudut pandang caranya dengan menekan scroll pada mouse,
kemudian ubah sudut pandang dengan menggeser mouse.
Jika
sudah diseleksi, tekan delete pada keyboard dan pilih vertices.
Kembali ke object mode dengan menekan tab. Kemudian masukkan
objek bola dengan cara add à mesh à UV Sphere. Sekarang adalah bagaimana
menggabungkan bola tadi dengan tempurung lampu yang sudah kita buat menjadi
kepala dari lampu belajar. Jangan lupa posisi bola tadi pastikan pada koordinat
X = 0, Y = 0, dan Z = 0. Sesuaikan ukuran bola tadi dengan lubang atas cone.
Untuk mengubah ukuran object, gunakan object pada kolom mesh tools.
Setelah
itu adalah penggabungan kedua objek tadi. Sebelumnya pastikan kita ada dalam
object mode. klik object bola, kemudian tekan shift, dan klik object cone, klik
join pada object tools. Sekarang dua object tadi sudah tergabung menjadi satu
object. Sekarang kita “sisihkan” dulu tempurung tadi ke tepi lembar kerja agar
tidak mengganggu pada pengerjaan object selanjutnya.
Sekarang
kita akan membuat semacam lingkaran untuk bagian bawah lampu. Pertama masukkan
sebuah object lingkaran. Caranya addàmeshàcircle.
Setelah muncul object lingkaran, ubah koordinatnya menjadi di tengah. Caranya
dengan mengganti koordinat X, Y, dan Z menjadi 0. Setelah tampilan kurang lebih
sudah seperti di bawah ini, sekarang kita gunakan tool extrude.
Caranya
adalah ubah dulu posisi kita dari object mode ke edit mode dengan menekan
tombol tab pada keyboard. Setelah itu klik tool tombol E pada keyboard sebagai
tombol shortcut untuk tool extrude. Tarik ke atas sedikit object tadi hingga
seperti di bawah ini.
(Tampilan
sudah dalam posisi object mode)
Selanjutnya kita akan membuat ujung dari lingkaran
ini agak meruncing ke atas membentuk sudut. Duplikat object yang telah kita
buat ini. Caranya seleksi dulu object ini dengan klik kanan, kemudian klik tool
duplicate di sebelah kiri. Tarik ke atas object awal tetapi masih dalam posisi
menempel atau jangan sampai terpisah. Contohnya seperti pada tampilan berikut
ini
Selanjutnya kita akan membuat ujung dari lingkaran
ini agak meruncing ke atas membentuk sudut. Duplikat object yang telah kita
buat ini. Caranya seleksi dulu object ini dengan klik kanan, kemudian klik tool
duplicate di sebelah kiri. Tarik ke atas object awal tetapi masih dalam posisi
menempel atau jangan sampai terpisah. Contohnya seperti pada tampilan berikut ini
Selanjutnya masuk ke edit mode. Pastikan semua vertex
object sudah diseleksi. Lalu gunakan tool scale pada mesh tools. Buat agar
object tadi agak meruncing ke atas, tetapi sisakan ruang sedikit untuk nanti
menggabungkan object ini dengan kaki-kaki lampu. Kurang lebih seperti di bawah
ini.
Kembali
ke object mode untuk menggabungkan dua object tersebut menjadi satu object.
Caranya sama seperti sebelumnya, yaitu seleksi dua object tadi dengan
menggunakan tombol shift, kemudian pilih tool join. Lalu “sisihkan” object ini
untuk membuat object selanjutnya.
Selanjutnya
kita akan membuat bagian kaki-kaki dari lampu. Masukkan objek lingkaran /
circle. Caranya sama dengan sebelumnya yaitu addàmeshàcircle.
Masuk ke edit mode untuk menggunakan tool extrude.
Tarik object lingkaran tadi hingga membentuk object seperti pipa. Jika dirasa
diameter pipa masih terlalu besar, perkecil lagi dengan menggunakan tool scale.
Jika
sudah, kembali ke object mode. Duplikat oject pipa tadi menjadi dua. Kemudian
rotasikan object yang baru menjadi berlawanan arah dengan object sebelumnya.
Gabungkan dua object tersebut seperti pada gambar di bawah ini.
Jangan
gunakan tool join karena penggabungan ini masih akan mengalami perubahan. Lihat
dari berbagai view (front, back, left, right) apakah penggabungan ini sudah
sempurna atau belum. Biasanya koordinatnya atau kelihatan tidak sesuai jika
dilihat dari view yang berbeda. Setelah itu kita akan membuat semacam object
yang biasa kita lihat pada lampu belajar sebagai penghubung atau sendi pada
kaki-kakinya. Caranya adalah masukkan object tabung/tube. Caranya addàmeshàtube.
Kemudian perkecil ukuran
tabung tadi hingga diameternya sedikit lebih besar dari ukuran pipa.Seperti
pada tampilan di bawah ini.
Setelah itu rotasikan object ini menggunakan tool
rotate hingga menjadi seperti tampilan di bawah ini.
Rotasikan
hingga posisi tabung tadi hingga sesuai dengan posisi kaki-kaki. Atur
koordinatnya hingga searah dengan kaki-kaki pada koordinat garis hijau. Untuk lebih
jelasnya lihat pada tampilah di bawah ini.
Kemudian gabungkan dengan menggeser
object tabung tadi hingga menyerupai sendi pada lampu belajar dan lakukan
render
Selanjutnya gabungkan posisi lampu, kusi dan meja menjadi
satu dan lakukan render
setelah sudah menjadi meja,,kursi,lampu,lantai,tembok tinggal pewarnaan
saja,
klik material yg ada di sebelah kanan.
kemudian new terus buat 6 warna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar